Indonesia Perkuat Sertifikasi Minyak Sawit Menuju Pengakuan di Uni Eropa. #ViceMinisterFachir opened Securing Access to EU's Market by Strengthening Sustainable Palm Oil in RI (28/6) Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina meresmikan pengoperasian Sonar Bangla Express rute antar kota Dhaka-Chittagong-Dhaka. Gerbong kereta api tersebut merupakan hasil karya PT INKA yang dibeli oleh Railway Bangladesh sebanyak 150 unit. Denpasar - LOT Polish Airlines memulai penerbangan langsung dari Warsawa ke Denpasar. Ini merupakan momen bersejarah bagi dunia pariwisata Indonesia terhadap Polandia. #TEI2016 Trade Expo Indonesia dijadwalkan akan kembali digelar pada tanggal 12-16 Oktober 2016. #WamenluFachir jg bertemu dg pelaku usaha Serbia, jelaskan peluang & potensi bisnis di Indonesia #DiplomasiEkonomi. #WamenluFachir melakukan pertemuan dengan Presiden Serbia, Y. M. Tomislav Nikolić (10/11). #WamenluFachir & Presiden Serbia sepakat u/ tingkatkan kerja sama kedua negara. Presiden Serbia jg sampaikan rencana kunjungan ke Indonesia. #WamenluFachir meminta Presiden Serbia u/ kurangi tarif masuk komoditas Indonesia ke pasar Serbia. #DiplomasiEkonomi #DiplomasiUntukRakyat #InfoKemendag Jumlah pengunjung TEI 2015: ±14.000 org dan 2.000 exhibitors. Total Transakasi : USD 909 Juta. #InfoKemendag 5 Produk yang diminati adalah Tekstil dan Produk Tekstil, Furniture, Makanan Olahan, Kopi dan Produk Kimia. #KBRI Hanoi selenggarakan Indonesia Trade Fair and Business Forum di Hanoi. Info lengkap hubungi itfhanoi.2015@gmail.com
Sabtu, 17 Oktober 2015 07:00

Kebijakan Ekonomi - Paket I (September 2015)

Paket I kebijakan ekonomi ini bertujuan untuk menggerakkan kembali sektor riil, yang pada akhirnya dapat memberikan pondasi bagi lompatan kemajuan perekonomian Indonesia ke depan. Kebijakan mencakup: [i] deregulasi peraturan, tidak hanya berupa penyempurnaan dan penyederhanaan pada peraturan awal semata, tapi juga bisa berupa penggabungan beberapa peraturan menjadi satu peraturan; dan [ii] penyelarasan peraturan dengan undang-undang yang berada di atasnya, yang mana perubahan terhadap peraturan di tingkat kementerian dan lembaga juga harus menyertakan perubahan peraturan di tingkat yang lebih rendah agar ada konsistensi kebijakan.

Revisi peraturan yang bersifat teknis akan meningkatkan efisiensi dan menghilangkan biaya-biaya yang tidak perlu. Dengan efisiensi sebagai hasil deregulasi, produk industri nasional (sektor riil) diharapkan memiliki daya saing tinggi karena harganya kompetitif, tak hanya untuk pasar dalam negeri tapi juga untuk pasar internasional.

Langkah-Langkah:

  • Mendorong daya saing industri nasional melalui deregulasi, debirokratisasi, serta penegakan hukum dan kepastian usaha, dengan cara:
    • Merombak 89 dari 154 peraturan yang masuk ke tim.
    • Memangkas peraturan yang tidak relevan atau menghambat daya saing industri nasional.
    • Menghilangkan duplikasi antara peraturan.
    • Merancang baru 17 peraturan pemerintah, 11 peraturan presiden, 2 instruksi presiden, 63 peraturan menteri, dan 5 aturan lain.
    • Memperkuat koherensi dan konsistensi peraturan.
    • Menyederhanakan perizinan.
    • Memperbaiki prosedur kerja perizinan - sehingga memperkuat sinergi, meningkatkan kualitas pelayanan, serta menggunakan pelayanan yang berbasis elektronik.
  • Mempercepat proyek strategis nasional dengan menghilangkan berbagai hambatan, sumbatan, dalam pelaksanaan dan penyelesaian proyek strategis nasional, dengan cara:
    • Menyederhanakan perizinan.
    • Menyelesaikan tata ruang dan penyediaan lahan.
    • Mercepat pengadaan barang dan jasa pemerintah, serta diskresi dalam penyelesaian hambatan dan perlindungan hukum.
    • Memperkuat peran kepala daerah untuk melakukan dan/atau memberikan dukungan percepatan pelaksanaan proyek strategis nasional.
  • Meningkatkan Investasi di Sektor Properti, dengan cara:
    • Mengeluarkan kebijakan untuk mendorong pembangunan perumahan khususnya untuk masyarakat berpenghasilan rendah.
    • Membuka peluang investasi yang lebih besar di sektor properti.
Read 3463 times Last modified on Senin, 19 Oktober 2015 09:39

Login

Masuk Daftar

Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *

Kode QR

Bahasa / Language

Pencarian

Pengunjung

TodayToday261
YesterdayYesterday245
This_WeekThis_Week1065
This_MonthThis_Month5165
All_DaysAll_Days129404