Indonesia Perkuat Sertifikasi Minyak Sawit Menuju Pengakuan di Uni Eropa. #ViceMinisterFachir opened Securing Access to EU's Market by Strengthening Sustainable Palm Oil in RI (28/6) Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina meresmikan pengoperasian Sonar Bangla Express rute antar kota Dhaka-Chittagong-Dhaka. Gerbong kereta api tersebut merupakan hasil karya PT INKA yang dibeli oleh Railway Bangladesh sebanyak 150 unit. Denpasar - LOT Polish Airlines memulai penerbangan langsung dari Warsawa ke Denpasar. Ini merupakan momen bersejarah bagi dunia pariwisata Indonesia terhadap Polandia. #TEI2016 Trade Expo Indonesia dijadwalkan akan kembali digelar pada tanggal 12-16 Oktober 2016. #WamenluFachir jg bertemu dg pelaku usaha Serbia, jelaskan peluang & potensi bisnis di Indonesia #DiplomasiEkonomi. #WamenluFachir melakukan pertemuan dengan Presiden Serbia, Y. M. Tomislav Nikolić (10/11). #WamenluFachir & Presiden Serbia sepakat u/ tingkatkan kerja sama kedua negara. Presiden Serbia jg sampaikan rencana kunjungan ke Indonesia. #WamenluFachir meminta Presiden Serbia u/ kurangi tarif masuk komoditas Indonesia ke pasar Serbia. #DiplomasiEkonomi #DiplomasiUntukRakyat #InfoKemendag Jumlah pengunjung TEI 2015: ±14.000 org dan 2.000 exhibitors. Total Transakasi : USD 909 Juta. #InfoKemendag 5 Produk yang diminati adalah Tekstil dan Produk Tekstil, Furniture, Makanan Olahan, Kopi dan Produk Kimia. #KBRI Hanoi selenggarakan Indonesia Trade Fair and Business Forum di Hanoi. Info lengkap hubungi itfhanoi.2015@gmail.com
Sabtu, 17 Oktober 2015 07:00

Kebijakan Ekonomi – Paket II (29 September 2015)

Dalam rangka meningkatkan iklim investasi di Indonesia, dirumuskan kebijakan deregulasi dan debirokratisasi peraturan yang bertujuan untuk memangkas waktu permohonan izin dan jumlah izin yang dibutuhkan untuk melakukan investasi - baik bagi badan usaha di kawasan industri maupun di luar kawasan industri (seperti pada sektor kehutanan); serta pemberian insentif bagi fasilitas pendukung kegiatan perdagangan luar negeri. Kebijakan ini berlaku baik penanaman modal dalam negeri (PMDN) maupun penanaman modal asing (PMA).

Langkah-Langkah:

  • Kemudahan Layanan Investasi di Kawasan Industri
    • Hanya diperlukan 3 jam untuk memperoleh izin badan usaha di kawasan industri.
    • Sebelumnya, dibutuhkan diperlukan 8 hari untuk memperoleh izin badan usaha di kawasan industri. Sebagaimana sebelumnya, tidak diperlukan izin lainnya untuk kegiatan investasi di kawasan industri. Namun, perusahaan / calon investor harus tetap memenuhi norma/standar dalam berinvestasi sesuai ketentuan kawasan industri
    • Kriteria untuk mendapatkan layanan cepat investasi ini adalah para investor yang memiliki rencana investasi minimal Rp 100 miliar dan/atau rencana penyerapan tenaga kerja Indonesia di atas 1000 (seribu) orang.
  • Perampingan Izin Investasi pada Sektor Kehutanan
    • Perampingan proses dan jumlah izin, dari sebelumnya 14 izin menjadi 6 izin.
  • Percepatan Proses Pengurusan Tax Allowance dan Tax Holiday
    • Tax Allowance: dalam 25 hari - dari setelah syarat dan aplikasi dipenuhi?.
    • Tax Holiday: maksimun 45 hari - dari setelah semua persyaratan dipenuhi.
  • Alat Transportasi Tanpa PPN
    • Memberikan insentif berupa tidak memungut PPN untuk beberapa alat dan jasa transportasi (termasuk alat transportasi yang diperuntukan bagi kegiatan impor).
  • Insentif berupa Penggunaan Fasilitas di Kawasan Pusat Logistik Berikat
    • Perusahaan manufaktur tidak perlu impor dan tidak perlu mengambil barang dari luar negeri karena cukup mengambil dari gudang di pusat logistik berikat di Cikarang.
    • Hal serupa juga berlaku untuk industry perminyakan/BBM yang dapat menggunakan fasilitas gudang di pusat logistik berikat di Merak.
  • Insentif berupa Pengurangan Pajak Bunga Deposito
    • Berlaku terutama bagi eksportir yang berkewajiban melaporkan devisa hasil ekspor (DHE) ke Bank Indonesia.
    • Penurunan tarif penyimpanan DHE sebagai deposito: deposito 1 bulan, tarifnya akan diturunkan 10%; deposito 3 bulan, tarifnya menjadi 7,5%; deposito 6 bulan tarifnya menjadi 2,5%; dan deposito di atas 6 bulan tarifnya menjadi 0%.
    • Jika DHE dikonvert ke rupiah, maka tarifnya adalah sebagai berikut: 1 bulan, 7,5%; 3 bulan, 5%; dan 6 bulan, 0%.
Read 2702 times Last modified on Minggu, 18 Oktober 2015 10:38

Login

Masuk Daftar

Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *

Kode QR

Bahasa / Language

Pencarian

Pengunjung

TodayToday262
YesterdayYesterday245
This_WeekThis_Week1066
This_MonthThis_Month5166
All_DaysAll_Days129405