Indonesia Perkuat Sertifikasi Minyak Sawit Menuju Pengakuan di Uni Eropa. #ViceMinisterFachir opened Securing Access to EU's Market by Strengthening Sustainable Palm Oil in RI (28/6) Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina meresmikan pengoperasian Sonar Bangla Express rute antar kota Dhaka-Chittagong-Dhaka. Gerbong kereta api tersebut merupakan hasil karya PT INKA yang dibeli oleh Railway Bangladesh sebanyak 150 unit. Denpasar - LOT Polish Airlines memulai penerbangan langsung dari Warsawa ke Denpasar. Ini merupakan momen bersejarah bagi dunia pariwisata Indonesia terhadap Polandia. #TEI2016 Trade Expo Indonesia dijadwalkan akan kembali digelar pada tanggal 12-16 Oktober 2016. #WamenluFachir jg bertemu dg pelaku usaha Serbia, jelaskan peluang & potensi bisnis di Indonesia #DiplomasiEkonomi. #WamenluFachir melakukan pertemuan dengan Presiden Serbia, Y. M. Tomislav Nikolić (10/11). #WamenluFachir & Presiden Serbia sepakat u/ tingkatkan kerja sama kedua negara. Presiden Serbia jg sampaikan rencana kunjungan ke Indonesia. #WamenluFachir meminta Presiden Serbia u/ kurangi tarif masuk komoditas Indonesia ke pasar Serbia. #DiplomasiEkonomi #DiplomasiUntukRakyat #InfoKemendag Jumlah pengunjung TEI 2015: ±14.000 org dan 2.000 exhibitors. Total Transakasi : USD 909 Juta. #InfoKemendag 5 Produk yang diminati adalah Tekstil dan Produk Tekstil, Furniture, Makanan Olahan, Kopi dan Produk Kimia. #KBRI Hanoi selenggarakan Indonesia Trade Fair and Business Forum di Hanoi. Info lengkap hubungi itfhanoi.2015@gmail.com
Investasi

Rabu, 08 April 2015 00:00

Investasi

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang dengan kekuatan ekonomi global di Asia. Dengan resistensinya terhadap krisis keuangan global dibanding negara-negara tetangga, perekonomian Indonesia tumbuh sebesar 5,7% di tahun 2013 dan menjadikannya sebagai “Negara dengan perekonomian paling stabil selama lima tahun terakhir” oleh publikasi terkemuka dunia The Economist.

Grafik 1 Proyeksi Nilai Pertumbahan PDB Indonesia oleh IMF

Pada tahun 2012 dan 2014, Indonesia telah tumbuh sebesar 6,2%, dan pertumbuhan ekonomi yang lebih kuat diharapkan akan dapat mencapai angka 5,8 – 6,2%. Ekspansi ekonomi berikutnya diharapkan dapat mencakup pertumbuhan yang lebih inklusif dengan angka PDB per-kapita yang diharapkan dapat tumbuh sebanyak 4 kali lipat di tahun 2020, berdasarkan laporan Standard Chartered Report.

Rasio hutang terhadap PDB Indonesia telah turun secara stabil dari 83% di tahun 2001 menjadi kurang dari 26% di akhir tahun 2013. Nilai terendah di antara-antara negara ASEAN, selain Singapura yang tidak memiliki hutang pemerintah.

Salah satu hal yang menjadi pondasi perekonomian Indonesia yang kuat adalah stabilitas politiknya. Mengutip pernyataan World Bank, Indonesia merupakan salah satu Negara dengan demokrasi yang bersinar di Asia Pasifik yang telah berhasil mempertahankan stabilitas politiknya.

Indonesia telah berhasil melakukan pemilhan umum legislatif dan presiden dengan damai pada tahun 2014. Presiden Joko Widodo mengampaikan bahwa kabinernya akan bekerja lebih keras untuk terus menjaga pertumbuhan ekonomi serta stabilitas politik dalam menghadapi Komunitas Ekonomi ASEAN pada akhir tahun 2015.

Pertumbuhan ekonomi dan kondisi perekonomian yang stabil telah menciptakan iklim investasi yang positif di Indonesia. Selain itu, Indonesia juga telah memperbarui hukum investasi dengan memberikan perlakuan yang sama kepada investor domestik maupun asing.

Pada bulan Agustus 2015, Pemerintah Indonesia mengumumkan paket kebijakan ekonomi, yang ditujukan untuk meningkatkan investasi. Beberapa paket kebijakan tersebut antara lain penyederhanaan proses perizinan, merevisi “Daftar Investasi Negatif” yang berusaha untuk membuat peraturan investasi yang lebih ramah bagi investor, serta meningkatkan insentif pajak bagi industri padat karya dan export-oriented.

Mulai tanggal 26 Januari 2015, BKPM menyelenggarakan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Pusat, yang merupakan layanan terintegrasi antara BKPM dengan beberapa Kementerian/Lembaga. Penyelenggaraan PTSP PUSAT dimaksudkan untuk memberikan layanan perizinan yang cepat, sederhana, transparan dan terintegrasi.

Investor dapat datang ke BKPM untuk mengurus berbagai perizinan investasi yang selama ini diajukan ke berbagai Kementerian/Lembaga. Jenis perizinan yang dapat diajukan di PTSP Pusat dapat di akses pada website www.bkpm.go.id melalui link PTSP PUSAT di pojok kanan bawah.

Area Target Investasi:

Pemerintahan yang baru saat ini akan berfokus pada tiga prioritas pembangunan yang terkait dengan pembangunan infrastruktur, ketahanan energi, dan ketahanan pangan.

Di bidang pembangunan infrastruktur, Indonesia berencana untuk menghubungkan seluruh kepulauan yang ada dengan mengembangkan dan memperbaiki pelabuhan laut dan utara, serta membangun wilayah pembangunan baru di kawasan yang dekat dengan laut. Untuk di dalam pulau, Indonesia juga berencana untuk meningkatkan konektivitas antar kota dan wilayah pedesaan untuk memfasilitasi pergerakan manusia dan barang yang lebih baik.

Untuk meningkatkan ketahanan energi, Indonesia berencana untuk membangun pembangkit listrik baru dalam lima tahun mendatang yang dapat memproduksi 35.000MW untuk memenuhi kebutuhan energi nasional. Pembangkit listrik baru ini dapat bersumber dari energi berbahan dasar fosil maupun energi baru yang bersih dan terbarukan. Pada tahun 2025 Indonesia berencana untuk menggunakan sebesar 23% sumber energi terbarukan pada baruan energi nasional.

Terkait ketahanan pangan, Indonesia berencana untuk membangun 25 bendungan baru dalam lima tahun, serta merevitalisasi dan membangun irigasi sebanyak 65.000 hektar.

Login

Masuk Daftar

Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *

Kode QR

Bahasa / Language

Pencarian

Pengunjung

TodayToday258
YesterdayYesterday245
This_WeekThis_Week1062
This_MonthThis_Month5162
All_DaysAll_Days129401

BKPM

Bank Indonesia