Indonesia Perkuat Sertifikasi Minyak Sawit Menuju Pengakuan di Uni Eropa. #ViceMinisterFachir opened Securing Access to EU's Market by Strengthening Sustainable Palm Oil in RI (28/6) Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina meresmikan pengoperasian Sonar Bangla Express rute antar kota Dhaka-Chittagong-Dhaka. Gerbong kereta api tersebut merupakan hasil karya PT INKA yang dibeli oleh Railway Bangladesh sebanyak 150 unit. Denpasar - LOT Polish Airlines memulai penerbangan langsung dari Warsawa ke Denpasar. Ini merupakan momen bersejarah bagi dunia pariwisata Indonesia terhadap Polandia. #TEI2016 Trade Expo Indonesia dijadwalkan akan kembali digelar pada tanggal 12-16 Oktober 2016. #WamenluFachir jg bertemu dg pelaku usaha Serbia, jelaskan peluang & potensi bisnis di Indonesia #DiplomasiEkonomi. #WamenluFachir melakukan pertemuan dengan Presiden Serbia, Y. M. Tomislav Nikolić (10/11). #WamenluFachir & Presiden Serbia sepakat u/ tingkatkan kerja sama kedua negara. Presiden Serbia jg sampaikan rencana kunjungan ke Indonesia. #WamenluFachir meminta Presiden Serbia u/ kurangi tarif masuk komoditas Indonesia ke pasar Serbia. #DiplomasiEkonomi #DiplomasiUntukRakyat #InfoKemendag Jumlah pengunjung TEI 2015: ±14.000 org dan 2.000 exhibitors. Total Transakasi : USD 909 Juta. #InfoKemendag 5 Produk yang diminati adalah Tekstil dan Produk Tekstil, Furniture, Makanan Olahan, Kopi dan Produk Kimia. #KBRI Hanoi selenggarakan Indonesia Trade Fair and Business Forum di Hanoi. Info lengkap hubungi itfhanoi.2015@gmail.com
Kerja Sama Pembangunan

Rabu, 08 April 2015 00:00

Kerja Sama Pembangunan

    1. Focal Point kerja sama pembangunan di Indonesia antara lain Kementerian Luar Negeri c.q. Direktorat Kerja Sama Teknik dan Bappenas c.q. Direktorat Kerja Sama Pembangunan Internasional.
    2. Salah satu program unggulan terkait dengan kerja sama pembangunan adalah Kerja Sama Selatan-Selatan dan Triangular (KSST) yang diharapkan dapat menjadi faktor pendorong dan pemersatu negara-negara selatan dalam upaya bersama untuk mengatasi permasalahan dan tantangan global seperti krisis ekonomi, krisis pangan, perubahan iklim, wabah dan penyakit, serta keamanan.
    3. Visi pelaksanaan KSST Indonesia adalah kemitraan yang lebih baik untuk kesejahteraan.
    4. Misi pelaksanaan KSST Indonesia, sebagai berikut:
      1. Membina kemitraan dan pertemuan terutama dengan seluruh pihak yang terlibat dalam KSST Indonesia (Friends of Indonesia).
      2. Memajukan peran Indonesia dalam KSST sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan nasional.
      3. Mengembangkan kerja sama ekonomi antara negara-negara selatan dengan memainkan peran sentral sebagai new emerging economy.
      4. Memperkuat kerja sama pembangunan yang lebih inovatif dan berkontribusi langsung dalam meningkatkan kesejahteraan sesuai dengan kebijakan nasional.
      5. Meningkatkan solidaritas dan kemandirian bersama negara-negara selatan melalui kemitraan dengan memanfaatkan potensi nasional masing-masing negara untuk kepentingan bersama.
      6. Mendukung pelaksanaan diplomasi Indonesia untuk meningkatkan kerja sama dan kepentingan yang lebih luas dalam kerangka bilateral, regional, dan multilateral.
    5. Kerja sama bidang pembangunan menjadi salah satu ruang lingkup KSST, yang terdiri dari:
      1. Capacity building
      2. Program pelatihan
      3. Proyek skala kecil
      4. Pemagangan
      5. Peningkatan kemampuan dan pengembangan sistem informasi tenaga ahli
      6. Beberapa lembaga yang menjadi mitra Indonesia pada KSST antara lain World Bank Institute, GIZ, JICA, Norwegia, USAID, AUSAID, dan IDB.
    6. Berikut beberapa kegiatan kerjasama pembangunan :
      1. Member Country Partnership Strategy 2015-2019, Strategi Kerja Sama Kedua Indonesia-Islamic Development Bank.
      2. Bappenas Bahas Tindak Lanjut MoU RI-IDB Dalam Rangka Transfer Keahlian dan Teknologi.
Sabtu, 28 November 2015 00:00

Sekilas G 20 di Turki.

    1. Konferensi Tingkat Tinggi G20 (KTT) dipimpin Presidensi Turki telah diselenggarakan di Antalya, Turki, tanggal 15-16 November 2015 dan 18 Kepala Negara/Pemerintahan anggota G20 (kecuali Argentina dan Perancis).
    2. Isu-isu prioritas yang dibahas para Leaders antara lain strategi investasi, pembangunan dan perubahan iklim, strategi penciptaan lapangan pekerjaan, terorisme, krisis pengungsi, perbaikan sistem perpajakan, reformasi lembaga keuangan internasional, ketahanan energi, dan pemberantasan korupsi.
    3. Dalam intervensinya, Presiden RI menyampaikan keprihatinnya akan dampak kebijakan moneter negara besar, seperti kenaikan suku bunga Federal Reserve AS, terhadap kestabilan makroekonomi dan kesejahteraan masyarakat dunia. Oleh karena itu, negara-negara besar G20 diminta memperhatikan dampak global dari kebijakan ekonominya. Presiden RI juga menyerukan perlunya mendorong investasi bidang infrastruktur, memperluas penggunaan mata uang di luar dollar AS dalam transaksi perdagangan global, dan perbaikan sistem perpajakan internasional.
    4. Beberapa hal yang menjadi perhatian dan komitmen para pemimpin G20 diantaranya:
      1. Implementasi komitmen untuk mencapai tambahan pertumbuhan global sebesar 2% di tahun 2018 sebagaimana disepakati dalam KTT G20 Brisbane 2014.
      2. Melanjutkan reformasi regulasi sektor keuangan global, kerjasama perpajakan internasional, perbaikan arsitektur keuangan global dan pelaksanaan rencana aksi anti korupsi untuk meningkatkan ketahanan ekonomi dunia (enhancing resilience).
      3. Perbaikan iklim investasi yang kondusif, khususnya untuk pembangunan infrastruktur, antara lain dengan mendorong Kerjasama Pemerintah-Swasta, mengembangkan alternatif pembiayaan infrastruktur, dan optimalisasi pendanaan domestik (domestic resources mobilization).
      4. Memajukan agenda pembangunan dan inclusive growth untuk kesinambungan pertumbuhan ekonomi jangka panjang.

Login

Masuk Daftar

Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *

Kode QR

Bahasa / Language

Pencarian

Pengunjung

TodayToday258
YesterdayYesterday245
This_WeekThis_Week1062
This_MonthThis_Month5162
All_DaysAll_Days129401

Bank Indonesia