Indonesia Perkuat Sertifikasi Minyak Sawit Menuju Pengakuan di Uni Eropa. #ViceMinisterFachir opened Securing Access to EU's Market by Strengthening Sustainable Palm Oil in RI (28/6) Perdana Menteri Bangladesh, Sheikh Hasina meresmikan pengoperasian Sonar Bangla Express rute antar kota Dhaka-Chittagong-Dhaka. Gerbong kereta api tersebut merupakan hasil karya PT INKA yang dibeli oleh Railway Bangladesh sebanyak 150 unit. Denpasar - LOT Polish Airlines memulai penerbangan langsung dari Warsawa ke Denpasar. Ini merupakan momen bersejarah bagi dunia pariwisata Indonesia terhadap Polandia. #TEI2016 Trade Expo Indonesia dijadwalkan akan kembali digelar pada tanggal 12-16 Oktober 2016. #WamenluFachir jg bertemu dg pelaku usaha Serbia, jelaskan peluang & potensi bisnis di Indonesia #DiplomasiEkonomi. #WamenluFachir melakukan pertemuan dengan Presiden Serbia, Y. M. Tomislav Nikolić (10/11). #WamenluFachir & Presiden Serbia sepakat u/ tingkatkan kerja sama kedua negara. Presiden Serbia jg sampaikan rencana kunjungan ke Indonesia. #WamenluFachir meminta Presiden Serbia u/ kurangi tarif masuk komoditas Indonesia ke pasar Serbia. #DiplomasiEkonomi #DiplomasiUntukRakyat #InfoKemendag Jumlah pengunjung TEI 2015: ±14.000 org dan 2.000 exhibitors. Total Transakasi : USD 909 Juta. #InfoKemendag 5 Produk yang diminati adalah Tekstil dan Produk Tekstil, Furniture, Makanan Olahan, Kopi dan Produk Kimia. #KBRI Hanoi selenggarakan Indonesia Trade Fair and Business Forum di Hanoi. Info lengkap hubungi itfhanoi.2015@gmail.com
Rabu, 08 April 2015 07:00

Pariwisata

Indonesia dan pariwisata merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan. 9,5% dari total GDP Indonesia didapatkan dari sektor pariwisata, sementara 1 dari 11 pekerjaan merupakan jasa pariwisata.

Pariwisata saat ini merupakan sektor yang dinamis. Di tingkat global, total jumlah wisatawan pada tahun 2014 adalah sebanyak 1,138 miliar dengan total pendapatan sebesar USD 1,4 triliun. Dari jumlah keseluruhan tersebut, Indonesia sampai dengan tahun 2014 baru bisa menarik wisatawan mancanegara sejumlah 9 juta orang dengan total pendapatan sebesar USD 250 juta. Jumlah tersebut tergolong rendah bahkan jika dibandingkan dengan negara tetangga, Malaysia misalnya yang mampu menarik wisatawan sebanyak 25 juta orang.

Terlepas dari melimpahnya potensi wisata yang dimiliki, Indonesia terbukti belum mampu memaksimalkan semua potensi yang ada. Sumber daya alam dan manusia yang unggul serta keamanan negara yang relatif stabil belum mampu meningkatkan pariwisata Indonesia secara maksimal. Belum adanya infrastruktur yang mendukung industri pariwisata yang produktif, pelayanan kesehatan yang kurang memadai, serta konektivitas antardaerah dinilai sebagai tantangan industri pariwisata Indonesia ke depan.

Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa salah satu kelemahan Indonesia adalah kurangnya promosi tentan pariwisata Indonesia pada tataran global. Jika ingin mencapai target wisatawan mancanegara sejumlah 20 juta orang, maka Indonesia harus meningkatkan promosi pariwisata. Fokus pada pasar besar sektor pariwisata juga harus ditingkatkan.

Adapun pemerintah tidak tinggal diam dengan kondisi pariwisata Indonesia yang masih jauh dari harapan. Upaya-upaya untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Indonesia terus digalakkan. Strategi ini antara lain dilakukan dengan revitalisasi serta penambahan infrastruktur pendukung pariwisata seperti hotel dan layanan kesehatan, penambahan jadwal dan rute penerbangan langsung ke Indonesia, serta penambahan perjanjian bebas visa dengan negara-negara yang dinilai memiliki potensi besar sebagai penyumbang wisatawan.

Strategi promosi “all-in” yang tertuang dalam Trade, Tourism, and Investment (TTI) juga menjadi upaya pemerintah dalam meningkatkan promosi pariwisata pada khususnya. Strategi ini melibatkan semua stake holder terkait serta pelaku usaha pariwisata yang meliputi travel agents, perusahaan penerbangan, dan industri perhotelan.

Read 4016 times

Login

Masuk Daftar

Login to your account

Username *
Password *
Remember Me

Create an account

Fields marked with an asterisk (*) are required.
Name *
Username *
Password *
Verify password *
Email *
Verify email *

Kode QR

Bahasa / Language

Pencarian

Pengunjung

TodayToday258
YesterdayYesterday245
This_WeekThis_Week1062
This_MonthThis_Month5162
All_DaysAll_Days129401

Bank Indonesia